Data Manipulation Language (DML)
Landing Page
Keterangan :
Halaman Login
Keterangan :
Halaman Register
Keterangan :
Halaman Home
Keterangan :
Halaman Pilihan Materi
Keterangan :
Halaman Materi (Bagian Sidebar)
Keterangan :
Halaman Materi (Bagian Pemaparan Materi)
Keterangan :
Halaman Materi (Bagian Soal Latihan)
Keterangan :
Halaman Mulai Kuis
Keterangan :
Halaman Kuis
Keterangan :
Berikut adalah penjelasan mengenai elemen-elemen gamifikasi yang ada pada media pembelajaran ini.
Progress Bar (Progress Belajar)
Progress bar menunjukkan seberapa jauh kamu telah menyelesaikan aktivitas pembelajaran. Persentase (%) pada progress bar akan meningkat seiring dengan perolehan EXP. Persentase akan mencapai 100% ketika kamu memperoleh jumlah EXP maksimal yaitu 1000 EXP.
Experience Point (EXP)
Kamu akan mendapatkan experience point (EXP) setiap kali menyelesaikan latihan soal, kuis, dan evaluasi dengan jumlah EXP berbeda untuk setiap aktivitas. Semakin besar cakupan materi dan soal, semakin tinggi pula EXP yang diperoleh. Berikut rinciannya :
| Subbab | Materi | Nama Latihan | EXP |
| Data Definition Language (DDL) | Data Definition Language (DDL) | Aktivitas Pemantik | 114 EXP |
| Perintah Dasar Data Manipulation Language (DML) | Menambahkan Data di SQL (Perintah Insert) | Latihan 1.1 | 51 EXP |
| Menampilkan Data di SQL (Perintah Select) | Latihan 1.2 | 51 EXP | |
| Mengubah Data di SQL (Perintah Update) | Latihan 1.3 | 31 EXP | |
| Menghapus Data di SQL (Perintah Delete) | Latihan 1.4 | 41 EXP | |
| Alias | Latihan 1.5 | 41 EXP | |
| Kuis | Kuis 1 | 103 EXP | |
| Operator pada Perintah SELECT di SQL | Operator Aritmatika | Latihan 2.1 | 52 EXP |
| Operator Relasi | Latihan 2.2 | 93 EXP | |
| Operator Logika | Latihan 2.3 | 31 EXP | |
| Operator Limit | Latihan 2.4 | 31 EXP | |
| Kuis | Kuis 2 | 155 EXP | |
| Evaluasi | Evaluasi Akhir | 206 EXP |
Setiap EXP yang didapat akan menambah persentase progress belajar, semakin banyak EXP yang didapat maka semakin besar persentase progress belajar.
Points
Point berbeda dengan nilai. Kamu akan mendapatkan point sebagai bentuk penghargaan setiap kali menyelesaikan latihan soal, kuis, dan evaluasi dengan nilai yang tinggi. Semakin tinggi nilaimu, maka reward point yang kamu peroleh akan semakin besar. Berikut rinciannya:
Point berfungsi sebagai indikator dalam menentukan peringkatmu di leaderboard.
Reward
Reward atau penghargaan diberikan kepada peserta didik yang berhasil melakukan pencapaian tertentu. Misalkan setiap kali kamu menyelesaikan latihan soal, kuis, atau evaluasi, kamu akan diberikan reward berupa EXP dan point. Jika kamu berhasil menemukan pertanyaan tersembunyi dan menjawabnya dengan benar maka kamu akan diberi reward berupa point tambahan. Ketika kamu menempati 3 posisi teratas di leaderboard, kamu akan diberikan penghargaan berupa badge khusus untuk 3 peringkat tertinggi.
Badge (Lencana)
Dalam media pembelajaran ini tersedia empat jenis lencana, yaitu:
Leaderboard (Papan Peringkat)
Leaderbord menampilkan daftar peserta didik dengan mengurutkannya berdasarkan jumlah point tertinggi. Semakin tinggi pointmu maka kamu akan berada di peringkat teratas.
Easther Egg
Pada setiap halaman materi dalam media pembelajaran ini disematkan fitur easter egg berupa pertanyaan tersembunyi yang dapat ditemukan di elemen navigasi atau pada teks tertentu yang terlihat tidak biasa. Jika kamu berhasil menemukan pertanyaan tersembunyi tersebut dan menjawabnya dengan benar, kamu akan mendapatkan +10 point tambahan.
Aqham, A. A. (2021). Managemen Sistem Basis Data (SQL dan MySql).
Gunawan, A., Ningsih, S., & Avrilia Lantana, D. (2023). Pengantar Basis Data. www.penerbitlitnus.co.id
Prayoga, J., Sinurat, S., Rachman, A., Carolina, I., Jumaryadi, Y., Frieyadie, Irmayana, A., Supriyatna, A., Pasnur, Meilani, B. D., & Munawarah. (2023). Sistem Basis Data.