0 0 0
Petunjuk Penggunaan Media Pembelajaran

Landing Page

Foto Petunjuk Penggunaan

Keterangan :

  • Nomor 1 : Tombol mulai belajar mengarah ke halaman login.
  • Nomor 2 : Tombol home untuk mengakses halaman home. Halaman home dapat diakses setelah kamu berhasil login.
  • Nomor 3 : Tombol informasi untuk mengakses halaman informasi berisi informasi tentang petunjuk penggunaan media, informasi kontak pengembangan, dan daftar pustaka referensi materi dalam media.
  • Nomor 4 : Tombol tentang kami untuk mengakses halaman tentang kami yang berisi tentang definisi media dan profil pengembang.
  • Nomor 5 : Tombol login untuk mengakses halaman login.
  • Nomor 6 : Tombol mulai belajar mengarah ke halaman login. Kamu bisa login jika sudah memiliki akun. Jika belum, silahkan register terlebih dahulu.

Halaman Login

Foto Petunjuk Penggunaan

Keterangan :

  • Nomor 7 : Kotak teks untuk mengetikkan email.
  • Nomor 8 : Kotak teks untuk mengetikkan password.
  • Nomor 9 : Tombol untuk melihat password.
  • Nomor 10 : Tombol untuk login.
  • Nomor 11 : Tombol untuk mengakses halaman register.

Halaman Register

Foto Petunjuk Penggunaan

Keterangan :

  • Nomor 12 : Kotak teks untuk mengetikkan nama lengkap.
  • Nomor 13 : Kotak teks untuk mengetikkan email. Dalam media pembelajaran ini, satu email hanya boleh digunakan untuk satu akun.
  • Nomor 14 : Kotak teks untuk mengetikkan password.
  • Nomor 15 : Kotak teks untuk mengetikkan password sekali lagi untuk konfirmasi.
  • Nomor 16 : Tombol untuk register akun. Saat register akun berhasil, kamu akan diarahkan ke halaman login.
  • Nomor 17 : Tombol untuk mengakses halaman login jika sudah memiliki akun.

Halaman Home

Foto Petunjuk Penggunaan

Keterangan :

  • Nomor 18 : Tombol logout untuk keluar dari akun.
  • Nomor 19 : Tombol mulai belajar untuk mengakses halaman pilihan materi.
  • Nomor 20 : Tombol point untuk melihat rincian point yang sudah diperoleh dari latihan dan kuis.
  • Nomor 21 : Tombol leaderboard untuk melihat papan peringkat.

Halaman Pilihan Materi

Foto Petunjuk Penggunaan

Keterangan :

  • Nomor 22 : Tombol untuk mengakses halaman materi sesuai topik yang dipilih.

Halaman Materi (Bagian Sidebar)

Foto Petunjuk Penggunaan

Keterangan :

  • Nomor 23 : Sidebar untuk mengakses materi dan kuis.

Halaman Materi (Bagian Pemaparan Materi)

Foto Petunjuk Penggunaan

Keterangan :

  • Nomor 24 : Tombol untuk menampilkan tabel dan menyembunyikan tabel.
  • Nomor 25 : Tombol untuk melihat contoh query.
  • Nomor 26 : Kotak berisi item data yang bisa diseret dan diletakkan pada tabel kosong dibawahnya.
  • Nomor 27 : Kotak teks untuk mengetikkan query SQL.
  • Nomor 28 : Tombol untuk menjalankan query SQL yang telah diketik pada kolom teks. Hasil querynya akan tampil dibawah tombol ini.

Halaman Materi (Bagian Soal Latihan)

Foto Petunjuk Penggunaan

Keterangan :

  • Nomor 29 : Kotak teks untuk mengetikkan jawaban.
  • Nomor 30 : Tombol cek jawaban untuk mengetahui apakah jawaban benar atau salah.
  • Nomor 31 : Tombol hint untuk melihat petunjuk yang dapat membantu menemukan jawaban yang tepat. Tombol hint akan mengurangi 5 point dari point latihan di halaman sebelumnya.
  • Nomor 32 : Tombol selesaikan latihan untuk mengakhiri latihan.
  • Nomor 33 : Tombol untuk mengakses materi selanjutnya. Dapat diklik setelah kamu mengakhiri latihan.

Halaman Mulai Kuis

Foto Petunjuk Penggunaan

Keterangan :

  • Nomor 34 : Tombol untuk memulai kuis.

Halaman Kuis

Foto Petunjuk Penggunaan

Keterangan :

  • Nomor 35 : Tombol untuk melihat soal sebelumnya.
  • Nomor 36 : Tombol untuk melihat soal selanjutnya.
  • Nomor 37 : Tombol nomor-nomor soal untuk mengakses soal sesuai nomor yang dipilih.
  • Nomor 38 : Tombol untuk mengakhiri kuis. Setelah kuis selesai, kamu akan diarahkan ke halaman mulai kuis yang akan menampilkan point kuis yang diperoleh.
Panduan Gamifikasi

Berikut adalah penjelasan mengenai elemen-elemen gamifikasi yang ada pada media pembelajaran ini.

  1. Progress Bar (Progress Belajar)

    Progress bar menunjukkan seberapa jauh kamu telah menyelesaikan aktivitas pembelajaran. Persentase (%) pada progress bar akan meningkat seiring dengan perolehan EXP. Persentase akan mencapai 100% ketika kamu memperoleh jumlah EXP maksimal yaitu 1000 EXP.

  2. Experience Point (EXP)

    Kamu akan mendapatkan experience point (EXP) setiap kali menyelesaikan latihan soal, kuis, dan evaluasi dengan jumlah EXP berbeda untuk setiap aktivitas. Semakin besar cakupan materi dan soal, semakin tinggi pula EXP yang diperoleh. Berikut rinciannya :

    Subbab Materi Nama Latihan EXP
    Data Definition Language (DDL) Data Definition Language (DDL) Aktivitas Pemantik 114 EXP
    Perintah Dasar Data Manipulation Language (DML) Menambahkan Data di SQL (Perintah Insert) Latihan 1.1 51 EXP
    Menampilkan Data di SQL (Perintah Select) Latihan 1.2 51 EXP
    Mengubah Data di SQL (Perintah Update) Latihan 1.3 31 EXP
    Menghapus Data di SQL (Perintah Delete) Latihan 1.4 41 EXP
    Alias Latihan 1.5 41 EXP
    Kuis Kuis 1 103 EXP
    Operator pada Perintah SELECT di SQL Operator Aritmatika Latihan 2.1 52 EXP
    Operator Relasi Latihan 2.2 93 EXP
    Operator Logika Latihan 2.3 31 EXP
    Operator Limit Latihan 2.4 31 EXP
    Kuis Kuis 2 155 EXP
    Evaluasi Evaluasi Akhir 206 EXP

    Setiap EXP yang didapat akan menambah persentase progress belajar, semakin banyak EXP yang didapat maka semakin besar persentase progress belajar.

  3. Points

    Point berbeda dengan nilai. Kamu akan mendapatkan point sebagai bentuk penghargaan setiap kali menyelesaikan latihan soal, kuis, dan evaluasi dengan nilai yang tinggi. Semakin tinggi nilaimu, maka reward point yang kamu peroleh akan semakin besar. Berikut rinciannya:

    • Nilai < 80 akan mendapatkan +5 Point.
    • Nilai 80 - 89 akan mendapatkan +20 Point.
    • Nilai 90 - 100 akan mendapatkan +40 Point.

    Point berfungsi sebagai indikator dalam menentukan peringkatmu di leaderboard.

  4. Reward

    Reward atau penghargaan diberikan kepada peserta didik yang berhasil melakukan pencapaian tertentu. Misalkan setiap kali kamu menyelesaikan latihan soal, kuis, atau evaluasi, kamu akan diberikan reward berupa EXP dan point. Jika kamu berhasil menemukan pertanyaan tersembunyi dan menjawabnya dengan benar maka kamu akan diberi reward berupa point tambahan. Ketika kamu menempati 3 posisi teratas di leaderboard, kamu akan diberikan penghargaan berupa badge khusus untuk 3 peringkat tertinggi.

  5. Badge (Lencana)

    Dalam media pembelajaran ini tersedia empat jenis lencana, yaitu:

    • SQL Explorer untuk peserta didik yang baru bergabung atau peserta didik yang berada di peringkat 4 ke bawah pada leaderboard.
    • Data Wizard untuk peserta didik yang menempati peringkat 3 di leaderboard.
    • Query Champion peserta didik yang menempati peringkat 2 di leaderboard.
    • SQL Master peserta didik yang menempati peringkat 1 di leaderboard.
  6. Leaderboard (Papan Peringkat)

    Leaderbord menampilkan daftar peserta didik dengan mengurutkannya berdasarkan jumlah point tertinggi. Semakin tinggi pointmu maka kamu akan berada di peringkat teratas.

  7. Easther Egg

    Pada setiap halaman materi dalam media pembelajaran ini disematkan fitur easter egg berupa pertanyaan tersembunyi yang dapat ditemukan di elemen navigasi atau pada teks tertentu yang terlihat tidak biasa. Jika kamu berhasil menemukan pertanyaan tersembunyi tersebut dan menjawabnya dengan benar, kamu akan mendapatkan +10 point tambahan.

Kontak
DML Learning Media
📧 [email protected]
📍 Pendidikan Komputer FKIP ULM Banjarmasin
Daftar Pustaka

Aqham, A. A. (2021). Managemen Sistem Basis Data (SQL dan MySql).

Gunawan, A., Ningsih, S., & Avrilia Lantana, D. (2023). Pengantar Basis Data. www.penerbitlitnus.co.id

Prayoga, J., Sinurat, S., Rachman, A., Carolina, I., Jumaryadi, Y., Frieyadie, Irmayana, A., Supriyatna, A., Pasnur, Meilani, B. D., & Munawarah. (2023). Sistem Basis Data.